Perbedaan Status Kamar Occupied, Vacant dan Out of Order

Perbedaan Status Kamar Occupied, Vacant dan Out of Order

  hotelier   Ahmad Syarifudin Mahzumi   19 Mei 2024

Daftar isi

  • Occupied
  • Vacant
  • Out of Order

Perbedaan Status Kamar Occupied, Vacant dan Out of Order - Di perhotelan, terdapat banyak istilah-istilah mengenai status kamar. Dan status kamar ini sangat penting untuk dipelajari untuk siswa/i perhotelan atau orang yang sedang mendalami tentang perhotelan. Namun, pada artikel ini kami akan membagikan 3 status kamar yang utama, yaitu Occupied, Vacant dan Out of Order. Berikut ini penjelasan ringkas mengenai perbedaan status kamar occupied, vacant dan out of order.

Baca Juga : Kode Status Kamar Hotel

Occupied

Occupied artinya status kamar terisi atau sedang ditempati oleh orang yang sudah terdaftar sebagai tamu hotel.

Vacant

Vacant artinya status kamar masih kosong dan siap ditempati oleh calon tamu. Status kamar vacant terbagi menjadi 3 status, diantaranya Vacant Ready (Vacant Clean Inspected), Vacant Clean dan Vacant Dirty.

  • Vacant Ready (Vacant Clean Inspected) adalah status kamar kosong yang sudah dibersihkan dan sudah melewati pemeriksaan oleh supervisor. Jadi artinya status vacant ready menunjukkan kamar sudah siap dihuni tamu atau dijual ke calon tamu.
  • Vacant Clean adalah status kamar kosong yang sudah dibersihkan, namun belum melewati pemeriksaan oleh supervisor.
  • Vacant Dirty adalah kamar kosong dalam keadaan masih kotor. Jadi House Keeping harus segera membersihkan kamar tersebut.

Out of Order

Sedangkan Out of Order adalah status kamar yang tidak bisa dijual atau dihuni oleh tamu yang disebabkan adanya kerusakan pada kamar tersebut. Biasanya perbaikannya membutuhkan waktu, sehingga tidak bisa dijual terlebih dahulu.

Di atas merupakan penjelasan ringkas dan padat mengenai perbedaan status kamar Occupied, Vacant dan Out of Order. Semoga bermanfaat. Jika Anda sedang mencari software hotel yang lengkap dengan informasi status kamar yang mudah dimengerti, HOTELMU adalah solusinya. Anda juga bisa COBA GRATIS selama 14 hari untuk mencoba semua fitur yang ada.

Bagikan Artikel Ini :

Blog Terkait

Panduan Menghitung Occupancy, ARR, RevPAR dan House Count Hotel
Panduan Menghitung Occupancy, ARR, RevPAR dan House Count Hotel

Panduan Menghitung Occupancy, ARR, RevPAR dan House Count Hotel - Occupancy, ARR, RevPAR dna House Count merupakan data statistik hotel...

Selengkapnya
Mengenal 5 Segmentasi Pasar Tamu Hotel (Market Segment)
Mengenal 5 Segmentasi Pasar Tamu Hotel (Market Segment)

Segmentasi pasar tamu hotel (Market Segment) adalah proses pengelompokan tamu hotel menjadi beberapa kategori berdasarkan sumber datangnya tamu ke hotel...

Selengkapnya
9 Istilah Penting dalam OTA yang Harus dipahami Orang Hotel
9 Istilah Penting dalam OTA yang Harus dipahami Orang Hotel

Tidak sedikit para pelaku usaha hotel yang baru terjun dalam perhotelan, belum mengetahui istilah-istilah umum yang ada dalam OTA (Online...

Selengkapnya

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to ahmadsyarifudin798@gmail.com

Ahmad Syarifudin Support
6285774591955
Call us to +6285774591955 from 0:00hs a 24:00hs
Hello! What can I do for you?
×
Kontak Whatsapp