Bagaimana Cara Kerja SEO Google ? Apa itu crawling dan indexing ?

Bagaimana Cara Kerja SEO Google ? Pada artikel sebelumnya kami sudah menulis artikel tentang dasar-dasar cara kerja penelusuran Google pada artikel yang berjudul Belajar SEO Praktis. Kali ini kami akan menjelaskan lebih detail lagi mengenai cara kerja SEO Google. Dimana, SEO adalah upaya yang dilakukan untuk meningkatkan ranking website di hasil pencarian Google yang sifatnya jangka panjang tanpa mengandalkan iklan berbayar. Sebelum terlalu jauh membahas teknik-teknik SEO, sebaiknya anda belajar mulai dari dasarnya terlebih dahulu secara terstruktur. Dan salah satu dasar yang harus dipelajari adalah Cara Kerja Mesin Telusur Google.

Bagaimana Cara Kerja SEO Google ?

Google mengikuti tiga langkah dasar untuk menampilkan hasil di Google Search Engine, diantaranya :

  1. Crawling
  2. Indexing
  3. Result & ranking

Crawling

Apa itu Crawling ? Apa pengertian Crawling? Crawling adalah proses pengumpulan informasi dari semua halaman website yang terhubung pada situs website tersebut. Google menelusuri website menggunakan program otomatis yang disebut crawler untuk mencari halaman baru atau yang diperbarui. Crawler Google disebut Googlebot. Setelah Google menemukan URL halaman, Google akan mengunjungi atau meng-crawl halaman untuk mencari tahu apa yang ada di dalamnya. Kemudian Google akan merender halaman dan menganalisis konten teks, non-teks, serta tata letak visual secara keseluruhan untuk menentukan tempat halaman dapat ditampilkan dalam Hasil penelusuran. Semakin baik Google memahami situs Anda, semakin baik kami dapat mencocokkannya kepada orang yang mencari konten Anda.

Bagaimana cara untuk meningkatkan kualitas crawling situs website

Berikut ini cara untuk meningkatkan kualitas crawling situs website :

Indexing

Proses kedua adalah Indexing. Apa itu Indexing ? Indexing adalah proses identifikasi/analisis dari setiap elemen yang ada pada halaman website, baik itu berupa teks (deskripsi), file gambar, ataupun video untuk memahami informasi dari konten website tersebut. Informasi ini yang akan disimpan di indeks Google, yaitu database besar yang disimpan di banyak komputer.

Bagaimana cara untuk meningkatkan kualitas indexing halaman website ? 

Berikut ini cara untuk meningkatkan kualitas indexing halaman suatu website berdasarkan pedoman Google :

Result & Ranking

Langkah terakhir adalah Result & Ranking. Ketika pengguna mengetikkan keyword, Mesin telusur Google akan menampilkan konten yang paling relevan dari indeksnya berdasarkan beberapa faktor. Google akan menentukan jawaban dengan kualitas tertinggi dan memperhitungkan pertimbangan lainnya yang akan memberikan pengalaman terbaik kepada pengguna dan tentunya memberika jawaban yang tepat sesuai keyword yang dicari pengguna. Adapun faktor perhitungan lainnya yang dipertimbangkan adalah seperti lokasi, bahasa dan perangkat pengguna (dekstop atau mobile). Misalnya, pengguna mengetikkan keyword "Jasa SEO Bandung". Maka jawaban untuk penelusuran "Jasa SEO Bandung" bagi pengguna di Bandung akan berbeda dengan jawaban bagi pengguna di Bangkok.

Bagaimana cara untuk meningkatkan kualitas penayangan dan peringkat (ranking) halaman website

Berikut ini cara untuk meningkatkan kualitas penayangan dan peringkat (ranking) halaman suatu website berdasarkan pedoman Google :

KESIMPULAN

Tiga langkah dasar untuk menampilkan hasil di Google Search Engine diantaranya Crawling, indexing dan result. Google akan menelusuri website dengan crawler yang disebut dengan Googlebot. Google menyimpan alamat halaman tersebut dalam daftar besar untuk dilihat nanti. Kemudian langkah kedua Gogole akan melakukan proses identifikasi/analisis dari setiap elemen yang ada pada halaman website, dan Informasi ini yang akan disimpan di indeks Google. Sampai pada langkah ketiga yaitu Google akan menampilkan konten yang paling relevan di daftar hasil pencarian pengguna berdasarkan kata kunci / keyword

Adapun tujuan akhir dari penulisan artikel yang berjudul "Bagaimana Cara Kerja SEO Google ? Apa itu crawling dan indexing ?" adalah untuk memanfaatkan ilmu sekaligus penulis juga belajar. Diharapkan penulis dan pengunjung artikel ini memahami cara kerja SEO Google dan bagaimana cara meningkatkan kualitas dari setiap langkah Google menampilkan hasil di Search Engine.