Assalaamu'alaikum Wr.Wb
Hi guys ! Kali ini ayo kita bahas sama-sama tentang CRM. Harusnya, apabila kalian sudah lulus matakuliah Sistem Informasi Manajemen Tingkat Lanjut, maka kalian tidak akan asing lagi mendengar kata CRM. Bahkan sebagian besar daripada kalian lebih menguasai materi ini daripada saya. Tetapi bagi mahasiswa/i yang baru ambil matkul Sistem Informasi manajemen, pasti sedang mencari artikel tentang CRM. Kalau saya perkirakan, mungkin kalian akan bertanya-tanya :
Ayo kita bahas satu persatu dikonten ini yah.
CRM singkatan dari Customer Relationship Management. Kunci untuk memahami apa itu CRM berada pada kata Customer. Artinya berhubungan sangat erat dengan pelanggan anda. Bagaimana caranya mendapatkan pelanggan baru untuk produk/jasa anda. Bagaimana untuk menjaga loyalitas pelanggan anda agar tidak pindah ke produk/jasa orang lain ? Itulah fungsi CRM. Menurut Kalakota dan Robinson : 2001, CRM sebagai integrasi dari strategi penjualan, pemasaran, dan pelayanan yang terkoordinasi.
Adapun tujuan CRM atau Customer Relationship Management sebagai berikut :
Adapun manfaat CRM atau Customer Relationship Management sebagai berikut :
CRM memungkinkan perusahaan untuk memanfaatkan informasi dari semua titik kontak dengan pelanggan, baik melalui web, call center, atau melalui staf pemasaran dan pelayanan di lapangan. Dengan adanya konsistensi dan kemudahan dalam mengakses dan menerima informasi, maka bagian pelayanan dapat memberikan layanan yang lebih baik lagi kepada pelanggan dengan memanfaatkan berbagai informasi penting mengenai pelanggan tersebut.
Dengan penerapan CRM, penjualan dan pelayanan terhadap pelanggan dapat memiliki skema yang spesifik dan fokus, serta dapat menargetkan pelayanan pada pelanggan yang tepat di saat yang tepat. Dengan demikian, biaya yang dikeluarkan akan terperinci dengan baik dan tidak terbuang percuma yang berujung pada pengurangan biaya.
Kemudahan proses penjualan dan layanan akan dapat mengurangi risiko turunnya kualitas pelayanan dan mengurangi beban cash flow.
Penerapan CRM akan memungkinkan perusahaan mendapatkan informasi mengenai pelanggan seperti data tren pembelian oleh pelanggan yang dapat dimanfaatkan perusahaan dalam menentukan waktu yang tepat dalam memasarkan suatu produk.
Seperti yang telah disebutkan diatas, penerapan CRM yang tepat akan meningkatkan loyalitas pelanggan, mengurangi biaya, meningkatkan efisiensi operasional, dan peningkatan time to market yang pada akhirnya akan berujung pada peningkatan pendapatan perusahaan.
Berikut ini tahapan-tahapan dalam CRM (Customer Relationship Management) :
Perusahaan harus bisa menciptakan hubungan erat dengan para pelanggannya melalui cara mendengarkan setiap keluhan pelanggan serta meningkatkan pelayanan. Adapun meningkatkan hubungan pada pelanggan sendiri bisa ditingkatkan melalui.
Jika anda bertanya, "apa vendor aplikasi CRM terbaik di Indonesia?". Maka menurut saya, jawabannya adalah relatif, tergantung kebutuhan. Ada aplikasi CRM dengan harga terjangkau yang dapat membantu perusahaan anda dalam mengontrol pelanggan. Silahkan kontak kakami CRM. Kami mempunyai produk aplikasi CRM dengan fasilitas fitur yang lengkap dan dapat di custom sesuai kebutuhan anda. Fitur-fitur yang sudah tersedia adalah :
Untuk lebih detailnya, anda dapat cari tahu selengkapnya disini
Mungkin itu saja sedikit materi tentang CRM yang saya ketahui. Silahkan koreksi apabila ada kesalahan di kolom komentar. Terima kasih guys. Sukses selalu untuk kita semua. Wassalaamu'alaikum Wr.Wb