3 Langkah Spesifik Hotel Mudah ditemukan Calon Tamu. Bisnis pariwisata di Indonesia terus berkemang, hal itu berpengaruh terhadap bisnis perhotelan. Banyak pengusaha yang tertarik untuk terjun ke dalam bisnis perhotelan. Dan bahkan tidak sedikit pengusaha tersebut belum memahami bisnis perhotelan, artinya masih awam. Apa langkah yang harus dilakukan agar hotel yang baru dibangun mudah ditemukan oleh calon tamu ?
Saat ini kemajuan teknologi dapat dimanfaatkan untuk membantu berbagai bisnis, salah satunya adalah bisnis perhotelan. Berikut ini 3 langkah spesifik agar hotel mudah ditemukan calon tamu :
Tidak dapat diragukan lagi bahwa Online Travel Agent (OTA) saat ini sangat berpengaruh terhadap segmentasi tamu online. Jika anda baru saja membuka hotel atau penginapan baru, OTA adalah alternatif utama sebagai media promosi hotel anda. Dengan kemudahan teknologi saat ini, tamu dapat reservasi kamar hotel darimana saja dan kapan saja dengan gedget nya. Namun yang perlu diperhatikan ketika daftar ke OTA adalah anda memahami kontrak kerjasama. Biasanya OTA akan menjual kamar hotel anda tidak selalu sama dengan harga standard anda, bisa jadi di bawah. Hal itu sesuai dengan logic yang berjalan di sistem OTA. Biasanya ketika hotel anda okupansinya tinggi, maka harga akan dinaikkan. Dan ketika hotel anda tingkat huniannya (okupansi / occupancy) rendah maka harga kamar anda akan diturunkan.
Kemudian anda harus memilih OTA yang memang efektif dapat mendatangkan tamu pada hotel anda. Setidaknya ada 4 OTA Besar yang saat ini sering digunakan oleh hotel, diantaranya : Traveloka, Agoda, Booking.com dan Tiket.com.
Langkah kedua adalah aktif di sosial media. Sosial media tidak hanya digunakan untuk alat komunikasi, tapi dapat dijadikan sebagai media promosi. Misalnya anda bisa membuat akun instagram hotel anda, dan disitu dijadikan media promosi paket dan layanan yang ada di hotel anda. Dan anda juga dapat membuat perencanaan mengenai konten yang akan di post. Upload konten secara konsisten dengan konten yang berkualitas. Misalnya dari kualitas gambarnya, pastikan kualitas gambar yang di upload ke instagram itu berkualitas agar lebih menarik. Dan pada sosial media, anda dapat mencantumkan juga link sistem reservasi, baik itu melalui website hotel anda sendiri ataupun OTA.
Terakhir adalah memanfaatkan website hotel dan sistem reservasi online sendiri. Dengan adanya website, itu memperlihatkan hotel anda profesional dan lebih terpercaya. Untuk meningkatkan pendapatan hotel, website salah satu alternatif yang bisa di maksimalkan. Namun, agar website hotel mendatangkan kunjungan yang tinggi dari calon tamu, maka website hotel anda juga harus mudah ditemukan melalui hasil pencarian dari mesin pencarian seperti Google, Yahoo, Bing dan lain-lain. Untuk itu, membutuhkan website yang mudah di akses, informatif, user friendly, mobile friendly dan juga SEO friendly.